Pengertian, Jenis dan Bahasa Iklan
DEFINISI IKLAN DAN JENISNYA
DEFINISI IKLAN
Iklan atau dalam bahasa
Indonesia formalnya pariwara adalah promosi
benda
seperti meja baru, jasa
seperti kantor bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen
lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar
oleh sebuah sponsor.
Intinya
iklan adalah sebuah ajakan kepada para pembaca, pendengar, maupun
penonton yang menerima informasi tersebut untuk memakai atau
menggunakan, segala macam hal yang ditawarkan dari si pemberi tawaran
tersebut. Sehingga penerima informasi iklan tersebut dapat terbujuk
untuk menggunakan barang atau jasa tersebut.
JENIS-JENIS IKLAN
Jenis-jenis dari sebuah iklan sangat beragam, karena setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam mengiklankan produk atau jasanya kepada masyarakat. Jenis-jenis iklan tersebut adalah sebagai berikut:
Jenis-jenis dari sebuah iklan sangat beragam, karena setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam mengiklankan produk atau jasanya kepada masyarakat. Jenis-jenis iklan tersebut adalah sebagai berikut:
a. Iklan Komersial
Iklan komersial adalah
iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran
suatu produk atau jasa.
Iklan komersial ini sendiri terbagi menjadi beberapa macam,
yaitu (Lwin &
Aitchison. 2005):
• Digunakan untuk membangun
merek. Hal itu dilakukan dengan mengkomunikasikan nilai
merek dan manfaat produk.
• Perhatian utama dalam
jangka panjang adalah memposisikan merek serta membangun pangsa pikiran dan
pangsa pasar.
• Iklan ini mengundang konsumen
untuk menikmati hubungan dengan merek serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi
para pengguna.
2. Iklan Taktis
Memiliki tujuan yang
mendesak.
• Iklan ini dirancang untuk
mendorong konsumen agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu.
• Pada umumnya iklan ini
memberikan penawaran khusus jangka pendek yang
memacu konsumen memberikan respon
pada hari yang sama.
- Iklan yang bertujuan
membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun
citra positif produk
- produk atau jasa yang
diproduksi oleh perusahaan tersebut (Madjadikara, 2004).
- Iklan Corporate akan
efektif bila didukung oleh fakta yang kuat dan relevan dengan masyarakat,
mempunyai nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan yang berorientasi
pada kepentingan masyarakat. Iklan Corporate merupakan bentuk lain dari iklan
strategis ketika sebuah perusahaan melakukan kampanye untuk mengkomunikasikan nilai
- nilai korporatnya kepada
publik (Lwin & Aitchison, 2005).
- Iklan Corporate sering
kali berbicara tentang nilai
- nilai warisan perusahaan,
komitmen perusahaan kepada pengawasan mutu, peluncuran merek dagang atau logo perusahaan
yang baru atau mengkomunikasikan kepedulian
perusahaan terhadap
lingkungan sekitar.
c. Iklan Layanan Masyarakat-Iklan Layanan Masyarakat
merupakan bagian dari kampanye social marketing
yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan
masyarakat (Madjadikara, 2004).
-Biasanya
pesan Iklan Layanan Masyarakat berupa ajakan, pernyataan atau himbauan kepada
masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan
umum atau merubah perilaku yang tidak baik supaya menjadi lebih baik, misalnya
masalah kebersihan lingkungan, mendorong penghargaan terhadap perbedaan
pendapat, keluarga berencana, dan sebagainya (Madjadikara, 2004).
-Iklan layanan masyarakat juga menyajikan pesan sosial yang bertujuan
untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus
mereka hadapi, yakni kondisi yang dapat mengancam keserasian dan kehidupan
mereka secara umum (Kasali, 1992). Pesan tersebut dengan kata lain bermaksud
memberikan gambaran tentang peristiwa dan kejadian yang akan berakibat pada
suatu keadaan tertentu, baik yang bersifat positif maupun negatif.
-Pada awal perkembangannya iklan layanan masyarakat tidak terlalu terikat
pada penataan yang ketat, perencanaan pesan yang rumit, pemilihan media yang
sesuai, sampai pada penentuan target audiens maupun pemilihan tempat dan waktu
yang benar-benar tepat (Liliweri, 1992).
-Namun seiring berkembangnya dunia periklanan dan semakin banyaknya
perusahaan yang membuat Iklan layanan masyarakat disertai dengan perubahan
paradigma dalam menciptakan pesan-pesan sosial maka iklan layanan masyarakat
juga harus dibuat secara profesional seperti iklan komersial (Roman, Maas & Nisenholtz, 2005)
Jenis -
Jenis Iklan Secara Teoritik
Iklan Standar
Memperkenalkan batang/jasa dengan tujuan untuk
merangsang minat pembeli.
Iklan Layanan Masyarakat
Iklan bersifat non profit dengan tujuan memberi
informasi dan pendidikan kepada masyarakat.
Pembagian
Secara Umum
1. Iklan Tanggung Jawab Sosial
Iklan Anjuran
Iklan yang pesannya menganjurkan secara tegas kepada
masyarakat tentang suatu tindakan.
Iklan Penggambaran Sosial
Iklan yang pesannya memberikan sebuah gambaran tentang
suatu peristiwa yang berakibat pada suatu keadaan tertentu.
2. Iklan Bantahan
Iklan untuk membantah dan memperbaiki citra suatu
produk yang namanya tercemar di masyarakat akibat informasi yang salah.
3.Iklan Pembelaan
Iklan untuk membela keberadaan produk dari pengajuan
atau klaim pihak lain, contoh : hak paten.
4. Iklan Perbaikan
Iklan yang memperbaiki pesan - pesan tentang produk
tertentu yang salah dan terlanjur disebarkan melalui media massa.
5. Iklan Keluarga
Iklan yang pesannya merupakan pemberitahuan tentang
suatu peristiwa kekeluargaan kepada keluarga atau khalayak lain.
Pembagian
Secara Khusus
Iklan Berdasarkan Khalayak Sasaran
1.Iklan Berdasarkan Khalayak Sasaran
Iklan Konsumen : iklan secara khusus disebarluaskan
melalui media massa tertentu untuk para pemakai suatu produk.
Iklan Bisnis : iklan yang diarahkan kepada mereka yang
mempunyai bisnis, usaha dagang yang berkaitan dengan produk tersebut.
2. Iklan Berdasarkan Khalayak
Sasaran Geografis
·
Iklan Internasional
·
Iklan Nasional
·
Iklan Regional
·
Iklan Lokal
Iklan Berdasarkan Penggunaan Media
·
Above The Line
·
Televisi
·
Radio
·
Surat Kabar
·
Majalah
·
Bellow The Line
Media Literatur
•Brosure
•Katalog
•Leaflet
•Pamplet
Media Udara
•Balon Udara
•Spanduk Udara
Media Pajang
•Kemasan
•Maskot
•Model
•Mobil
•Stiker
•Gimick
Komentar
Posting Komentar